8 Hal Menarik Di Sumedang Selain Tahunya!

Sumedang

Kalau mendengar kata Sumedang tentu pastinya yang tersirat adalah soal tahunya yang legendaris itu. Tapi ternyata kota Sumedang punya hal menarik lainnya yang ditawarkan jika kamu berkunjung ke tanah Pasundan tersebut.

Sumedang memang kota yang tidak sebesar Bandung, namun ternyata keeksotisan alamnya sungguh akan mempesona pandangan kamu. Dimana saja itu? Yuk kita bahas satu per satu :

Liburan dengan Budget Tipis? Siapa Takut!

Air Terjun Curug Cinulang

Sumedang

Curug Cinulang terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, lebih tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Curug ini memiliki 2 air terjun dan air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini dapat kamu nikmati dengan jarak 38 KM dari Bandung jika kamu lewat jalur potong yaitu dari Cicalengka.

Air Terjun Curug Cigorobog

Sumedang

Curug atau Air Terjun Cigorobog adalah air terjun yang indah dengan 3 tingkat air terjun setinggi kurang lebih 40 meter dan berada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang. Curug ini adanya tersembunyi di balik rerimbunan hutan, waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu jam dari pusat kota Sumedang.

Kawah Ijen Berapi Biru Di Jawa Timur Indonesia

Puncak Sangiang Taraje

Sumedang

Buat kamu yang suka dengan jalur pendakian, kamu bisa ke puncak tertinggi di Sumedang yaitu Puncak Sangiang Taraje yang memiliki ketinggian sebesar 1.684 mdpl. Jalur pendakian menuju puncak ini bernama Narimbang, Cibeureum dan Buahdua yang jika kamu melewatinya maka kamu akan disuguhkan dengan air terjun indah bernama Curug Ciputrawangi.

Kebun Teh Margawindu

Sumedang

Pemandangan hamparan hijau Kebun Teh Margawindu ini bisa menyejukkan pandangan sekaligus hati dan pikiran, karena udara segar yang penuh dengan kadar O2 yang tentunya dapat menyuplai oksigen terbaik untuk tubuh kita. Cocok banget deh buat kamu yang ingin refreshing dari hiruk pikuknya kehidupan kota.

Benteng Gunung Kunci

Sumedang

Ingin wisata yang ada manfaatnya juga? Coba wisata Sejarah di Sumedang yaitu di Benteng Gunung Kunci. Benteng ini adalah warisan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang, bentuknyapun masih khas dengan desain bangunan Belanda.

Bisa dibilang bahwa benteng ini terkesan angker karena konon katanya dahulunya menjadi tempat penyiksaan di zaman penjajahan. Di dalamnya kamu dapat menelusuri beberapa lorong panjang dan juga bunker. Tapi walaupun begitu, kesan angker ini akan hilang karena memang tempatnya sangat bagus untuk jadi spot foto-foto.

Kampung Toga

Sumedang

Kampung Toga adalah kawasan wisata yang bisa dibilang lengkap loh, jaraknya juga hanya sekitar 2 KM dari pusat kota. Kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh Kampung Toga ini meliputi villa dan cottage, outbond, berenang, paralayang dan keseruan lainnya. Wajib datang deh kesini kalau kamu punya acara keluarga atau acara-acara berkelompok.

Desa Wisata Alam Panjugjugan

Sumedang

Berwisata ke kawasan ini masuk juga ke dalam wisata edukasi loh, selain wisata alam yang tentunya akan menyejukkan mata dan pikiran kamu, kamu juga akan mendapat berbagai pengetahuan alam seperti misalnya bagaimana hasil dari produksi pertanian dan peternakan yang diproses menjadi sesuatu yang berguna bagi industry rumah tangga.

Museum Prabu Geusan Ulun

Sumedang

Lokasi dari museum ini sangat dekat dari alun-alun kota Sumedang, disini kamu bisa melihat koleksi peninggalan sejarah yang berasal dari Kerajaan Sumedang Larang yang dulunya merupakan leluhur rakyat Sumedang.

Tempat Belanja Murah di Bandung

This post has already been read 4793 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>