Eksotisnya ‘Negeri di Atas Awan’ Garut

22. Eksotisnya ‘Negeri di Atas Awan’ Garut

Beberapa gunung di Indonesia dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’ seperti Gunung Sameru dan Rinjani. Namun siapa mengira, ternyata garut pun punya yaitu Gunung Cikuray. Gunung ini menawarkan eksotisnya Kota Garut bak ‘Swiss Van Java’. Terlebih pemandangan sunrise nya. Sebuah gerombolan awan dengan semburat merah yang sangat sempurna.

Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.821mdpl di atas permukaan laut. Cikuray ini merupakan gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat, setelah Cermai (3.078mdpl), Pangrango (3.019mdpl), dan Gunung Gede (2.958mdpl).

Untuk mencapai gunung ini kamu bisa melalui Bandung dengan bus tujuan Garut. Dari sini dapat di teruskan dengan angkutan umum untuk mendaki jalur Cikuray. Biasanya supir angkutan sudah tahu kalau kamu ingin diantar sampai ke jalur pendakian.

Buat kamu pecinta alam sejati, jalur Gunung Cikuray sangat cocok. Panorama pegunungan yang membentang panjang nan indah akan kamu temui. Dari Perkebuanan warga, sampai hutan belantara. Akan tampak pula jajaran Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

Gunung ini memiliki tujuh pos dengan terk pendakian yang bervariasi. Untuk pos 1 atau pos pemancar, kamu bisa berkemah sambil merehatkan badan sejenak. Setelah itu kamu bisa lanjutkan perjalanan ke pos 2 dengan waktu sekitar 50 menit. Untuk pos 3 memakan waktu lebih lama dibanding pos yang sebelumnya, karena medan yang lebih curam. Di pos 4 membutuhkan waktu 45 menit. Dilanjutkan ke pos 5 yang biasanya di sebut pos puncak bayangan dengan trek lebih datar tanpa semak belukar. Dipos 6 pepohonan yang tinggi sudah mulai rapat, sampai akhinya kamu bisa mencapai puncak Gunung Cikuray. Eksotinya negeri di atas awan Garut ini membayar semua rasa lelah. Kamu akan menemukan pemandangan yang menakjubkan.

This post has already been read 5264 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>