Hotel di Jogja Menjelang Tahun Baru

Hotel di Jogja

Malam Tahun Baru

Melepas penat di akhir tahun dengan meninggalkan Ibu Kota untuk menikmati keindahan kota wisata seperti Jogjakarta memang menjadi keinginan dan rencana setiap orang. Dalam tahap perencanaan pun bukan hanya masalah tiket saja yang harus dipikirkan melainkan masalah pemesanan hotel di Jogja pun harus dipikirkan jauh hari bahkan bulan sebelum berangkat. Mengingat, akhir tahun sudah pasti setiap hotel di Jogja akan penuh. Beda dengan hotel di Jakarta yang sepi di akhir tahun. Hotel di Jogja dan tempat wisata lainny biasanya juga akan menawarkan paket hotel sesuai dengan fasilitasnya untuk akhir tahun ini sebulan atau dua bulan sebelumnya. Sehingga harga yang ditwarkan pun tidak akan terlalu jauh dari harga hari biasa.

Okupansi 2013

Okupansi atau tingkat hunian hotel di Jogja di akhir tahun memang selalu mengalami lonjakan tingkat huniannya. Tahun 2012 di kala hotel di jakarta pada malam tahun baru mengalami penurunan 10-15 % maka hotel di Jogja pada malam tahun baru tersebut malah sebaliknya dengan mengalami peningkatan hingga 10-15 %. Pada libur Lebaran Idul Fitri tahun 2013 ini saja, hotel di Jogja mengalami peningkatan hingga 85 % pada H+ 4 hari Lebaran Idul Fitri tersebut untuk kamar dengan kategori kamar keluarga. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengatakan bahwa khusus untuk hotel di Jogja yang melati atau non bintang selama libur Lebaran Idul Fitri ini juga mengalami kenaikan tingkat hunian walaupun hanya 40 % hingga 60 % dibanding dengan hari biasanya.

Dibandingkan dengan libur Lebaran Idul Fitri tahun 2012 sebetulnya ini sangatlah sedikit karena pada tahun 2012 hotel-hotel di Jogja ini bahkan mencapai tingkat hunian hotel ini hingga 100 %. Tingkat okupansi hotel di Jogja pada tahun ini secara keseluruhan merata karena meningkatnya jumlah hotel yang ada.

Bisa dipastikan untuk tahun baru 2013 ini hotel di Jogja juga pasti akan mengalami lonjakan untuk tingkat hunian hotelnya walaupun tidak bisa diprediksi apakah akan seperti tingkat okupansi saat libur Lebaran Idul Fitri atau tidak.

This post has already been read 12135 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>