Keindahan Alam Dieng, Dijamin Bikin Kamu Terkagum-kagum

118. Keindahan Alam Dieng, Dijamin Bikin Kamu Terkagum-kagum

Siapa yang tidak kenal dengan Dieng. Meskipun banyak orang belum pernah ke tempat ini, tapi keindahan bak surga dunia yang akan membuat mata terkagum-kagum sudah sangat populer di telinga masyarakat. Terletak di kawasan wisata Kabupaten Wonosobo, lokasi Dieng dekat dengan Candi Sindoro dan Gunung Sumbing.

Destinasi alam ini termasuk dalam kawasan vulkanik aktif. Selain itu, Dieng juga dikenal sebagai gunung raksasa dengan ketinggian dataran 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhunya pun bisa mencapai 20 derajat celsius di siang hari dan 12 derajat celsius ketika malam. Bahkan saat musim hujan, bisa mencapai 0 derajat celsius.

Dieng

Nama dieng sendiri ‘di’ ambil dari kata di artinya tempat atau gunung dan ‘hyang’ artinya dewa atau dewi. Jadi ‘dieng’ memiliki arti tempat atau pegunungan para dewa atau dewi.

Seorang ahli vulkanologi menuturkan bahwa sebenarnya Dieng adalah sebuah area kaldera yang dikelilingi berbagai gunung-gunung. Hal ini terbukti karena masih banyak kawah yang aktif dan mengeluarkan gas, uap air, serta vulkanik. Sebenarnya kondisi ini berbahaya bagi masyakarat setempat, karena bisa saja kawah yang masih aktif itu mengeluarkan gas beracun. Seperti peristiwa tahun 1979, Kawah Sinila menghembuskan gas beracun dan lumpur.

Dieng

Selain itu Dieng pun menyimpan danau-danau vulkanik yang menyimpan belerang berwarna kuning kehijauan. Menariknya, meski air di danau tersebut mengandung belerang, namun ada sejumlah bakteri yang bisa bertahan hidup. Seperti Termofilik, bakteri yang dapat hidup di tempat panas.

Baca Juga:Cara Mudah Memotret dengan Gadget untuk Hasil yang Indah

Bagaimana kamu tertarik untuk mengunjungi Dieng yang akan membuat kamu terkagum-kagum? Jika iya, siapkan lah baju hangat agar liburan kamu tatap nyaman.

This post has already been read 3986 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>