Kenali Maluku Lewat Kegiatan Wisata Ini

Maluku, wisata Maluku, kegiatan wisata

Maluku yang lebih dikenal dengan nama Moluccas dengan ibukota Ambon ini adalah provinsi tertua di Indonesia. Banyak cara jika kamu ingin mengenal Maluku, salah satunya lewat berbagai kegiatan wisata ini :

Wisata Alam

Kamu hobi naik gunung? Trekking atau hiking? Di Taman Nasional Manusela yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah ini kamu dapat menikmati wisata Maluku dengan pemandangan yang menakjubkan.

Taman Nasional Manusela ini memiliki daya tarik sendiri dengan dua lembahnya yang sejuk dan hijau di lembah Manusela dan lembah Piliana yang kaya dengan kupu-kupu. Nah, buat yang suka pantai, perlu dilirik nih pantai cantik di Maluku.

Bukan hanya Bali loh yang memiliki pantai yang indah, dan cantik atau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Beberapa di antaranya adalah Pantai Lelisa yang ada di Ambon, Pantai Felawatu yang terletak di Desa Latulahat, sekitar 15 KM di selatan kota Ambon.

Di dekat pantai ini ada Air Terjun Anihang yang sangat indah. Dan jika kamu berkunjung di bulan April, kamu dapat mengunjungi Pantai Namalatu, di sana ada Laor atau cacing laut yang ditangkap beramai-ramai oleh penduduk setempat.

Wisata Seni dan Budaya

Maluku juga terkenal dengan seni dan budaya. Ada banyak jenis tarian seperti misalnya Tari Katreji yang biasanya ditampilkan dalam acara ramah tamah. Tari orlapei yang dilaksanakan dalam rangka penyambutan tamu kehormatan pada acara-acara desa.

Ada pula tari bambu gila yang diangkat dari permainan tradisional dengan nama yang sama. Perlu diketahui tari bambu gila ini menurut masyarakat Maluku dipercaya memiliki nilai kesakaralan dan daya magis yang akan terjadi jika dimainkan. Tari bambu gila ini biasanya dilakukan di beberapa desa seperti Desa Mamala, Hitu dan beberapa desa lainnya di Ambon.

Maluku, wisata Maluku, kegiatan wisata

Wisata Laut

Maluku juga memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Bahkan nih keindahan alam bawah laut Maluku menjadi favorit bagi penyelam domestik maupun internasional. Salah satu tempat menyelam favorit adalah Kepulauan Banda yang terletak di Maluku Tengah. Pulau Banda ini merupakan tempat wisata Maluku paling indah untuk menyelam di Indonesia. Kamu bisa berdekatan dengan hiu, penyu, tuna, lobster dan baraccuda besar saaat menyelam. Ada beberapa spot menyelam keren di area ini seperti Sonegat yaitu laut antara Banda Neira, dan Gunung Api.

Maluku, wisata Maluku, kegiatan wisata

Wisata Sejarah

Seperti kamu ketahui, Maluku meninggalkan banyak jejak sejarah. Salah satunya yang terkenal adalah di ibokota provinsi yakni Ambon. Di sinilah pusat peninggalan sejarah wisata Maluku berada. Lirik saja benteng pertahanan VOC di zaman penjajahan atau monumen perang ANZAC yang didirikan sebagai lokasi peringatan akan gugurnya para tentara sekitu saat PD II.

Ada pula Benteng Duurstede di Saparua, Benteng Amsterdam dan Benteng Victoria di Ambon, Benteng Belgica di Banda, dan Masjid Wapaue. Masjid ini adalah masjid tertua di Indonesia dan didirikan pada tahun 1414, terletak di Tehalla, 6 KM di sebelah timur Wawane.

Selain benteng dan masjid, ada patung yang terkenal yaitu patung Christina Martha Tiahahu yang berada di Karang Panjang, Ambon. Seperti kita ketahui pahlawan wanita yang satu ini adalah pejuang kemerdekaan yang berasal dari Ambon.

Maluku, wisata Maluku, kegiatan wisata

Wisata Makan-makan atau Kuliner

Tidak lengkap rasanya berwisata tanpa mencicipi masakan khas daerah tempat wisata. Yup, di Maluku pun kamu tetap dapat merasakan wisata kuliner. Ikan Asar Sambal Colo-colo yang yummy ini bisa kamu nikmati di Pasar Mahardika, Ambon. Untuk cemilan, kamu bisa mencoba kue serut atau Bagea, kue yang bertekstur sedikit keras karena terbuat dari sagu. Kue ini bisa kamu nikmati bersama dengan teh manis hangat, kopi atau susu.

Ingin makan nasi? Tenang, ada kok nasi uduk khas Ambon. Wah tidak hanya di Jakarta saja yah, bahkan Maluku pun memiliki nasi uduk. Hanya saja nasinya berbeda dari lauk dan sambal. Di Ambon nasi uduknya dimakan dengan lauk ikan dan sambal colo-colo yang yummy.

Bagi pecinta kopi, coba hirup kopi khas Ambon di kios kopi yang banyak berada di Pantai Losari, Ambon. Bukan kopi sachet yang biasa kamu hirup melainkan kopi yang diolah dari olahan biji kopi khusus. Enaknya harga kopi yang ditawarkan terbilang murah, walaupun termasuk kopi asli.

Maluku, wisata Maluku, kegiatan wisata

Jadi, sudah siap berwisata ke Maluku dan ber-selfie ria di sana? Coba saja cari paket wisata Maluku.

This post has already been read 7269 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>