Makanan Khas Garut yang Gak Populer Tapi Legit, Burayot

Nama makanan Burayot berasal dari kata ngaburanyot yang artinya bergelantungan. Karena saat kue ini matang dan ditiriskan terlihat bagian bawahnya menumpuk seperti bergelantungan.

Bahan dasar Burayot adalah beras merah, kacang merah dan gula merah. Sebelum dicampur dengan bahan lainnya beras merah ditumbuk hingga menjadi tepung beras. Sedangkan kacang merah terlebih dulu disangrai sebelum ditumbuk hingga halus. Lalu setelah halus kedua bahan tersebut dicampur dengan gula merah yang sudah dicairkan dan dingin. Setalah adonan diaduk sampai merata, adonan dibentuk bulat seperti bola lalu dipipihkan.

Adonan yang sudah dipipihkan, digoreng dengan minyak panas. gak perlu lamalama menggorengnya, kalau sudah kecokelatan harus langsung di angkat. Burayot ini lebih legit bila dinikmati selagi panas. nah cuma ditemuin di Garut ni, atau mungkin kalo nemu di kota lain, mungkin yang buat ya orang asli Garut. Boleh coba ditanya kalo nemu ya.

Sumber Artikel: yukpegi.com

This post has already been read 5897 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>