Pantai Sulamadaha di Ternate Yang Berpasir Hitam

Orang ternate menyebut pantai yang berpasir hitam ini dengan nama Pantai Sulamadaha. Susah sekali ya namanya. Pantai Sulamadaha ini cukup populer di Ternate. Biasanya masyarakat sekitar ada saja yang mengunjungi Pantai ini. Tiket masuknya hanya seharga 5 ribu. Harga ini terasa tidak ada harganya setalah kita masuk dan melihat objek wisata pantai yang sangat indah.

Sebelah kiri Pantai Sulamadaha terdapat Teluk Saomadaha yang berbentuk piramid. Di teluk ini pasirnya berwana putih. Di dasar perairannya ada taman laut dan kita bisa snorkeling dan diving. Tapi jangan lupa bawa peralatan sendiri ya, disana belum ada tempat menyewa yang menyiapkan peralatan diving dengan lengkap.

pantai-sulamadaha-di-ternate-pantai-berpasir-hitam-1

Sebagian orang pernah menyalahgunakan perairan di sekitar Pantai Sulamadaha. Akibatnya, sebagian trumbu karang mengalami kerusakan dan memerlukan perawatan. Sejak 3 tahun belakangan para penyelam yang peduli akan lingkungan sekitar turut melestarikan alam dengan melakukan transpalasi trumbu karang. Setiap setahunnya trumbu karang bisa tumbuh antara 1mm hingga 1 cm. Perawatan terus dilakukan dan ini sebagian bentuk kecintaan pada objek wisata Pantai Sulamadaha.

Pantai Sulamadaha memiliki air yang sangat jernih. Ombaknya tidak terlalu besar, cukup aman bila kamu mau berenang di tepi lautnya. Tapi hati-hati ada karang ya. Kalau kamu menginginkan tempat yang sepi untuk berlibur, angkat koper kamu dan temukan ketenangan di Pantai Sulamadaha. Jangan lupa membawa kamera untuk mendokumentasikan keindahan pantai yang masih alami ini.

Sumber

This post has already been read 6681 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>