Sejarah Kepercayaan Adat Musi di Salah Satu Kepulauan Talaud

Pernah dengar Kepulauan Talaud? Kepulauan Talaud adalah satu dari pilihan objek wisata pantai atau kepulauan di Indonesia. Lokasi tepatnya ada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dan memiliki ibu kota bernama Melanguane. Sejak tahun 2000 kabuten ini mengalami pemekaran yang berasal dari Kabupaten Sangihe dan Talaud yang berada di sebelah utara Pulau Sulawesi. Kepulauan Talaud berpapasan dengan daerah Davao del Sur, Filipina.

Ada satu lokasi di Kepulauan Talaud yang benar-benar special, berbeda dari pulau kecil lainnya. Ada sebuah desa yang memilii tradisi religi yang berdiri sendiri di luar kepercayaan yang dilegalkan di Indonesia, tepatnya di Pulau Lirung. Kepercayaan yang berbeda dari tempat lain ini bernama kepercayaan Adat Musi. Lahir dan berkembang dari satu peristiwa sejarah yang mengubah rasa putus asa menjadi penggenapan janji Tuhan.

Sejarah kepercayaan Adat Musi berawal dari kisah seorang anak bernama Bawangin yang lahir di 7 Juni 1840. Di usia ke-8 Bawangin menderita sakit hingga setahun kemudian. Ketika itu kedua orang tua putus semangat dan berputus asa, tapi muncul sosok yang mereka percayai sebagai malaikat dan berkata agar orang tua anak tersebut tidak berputus asa dan kehilangan harapan. Mereka diingatkan untuk berdoa di bukit Duanne, karena disitulah janji Tuhan digenapi.

Besar pengaruh dari cerita tersebut, hingga kepercayaan ini di kramatkan dan terus ada hingga saat ini. Walau secara hokum tidak dilegalkan oleh pemerintah Indonesia, kepercayaan Adat Musi bisa disebut sebagai agama. Mereka mengaggap kebenaran pasti akan terungkap, dan pengikut Adat Musi di Kepulauan Talaud ini juga diajarkan untuk membawa damai di antara lingkungannya.

Melengkapi cerita ini, pada 23 Mei 2005 bukit Duanne yang terkenal dengan sebutan Goa Wuidduane diresmikan menjadi Kawasan Budaya Spiritual oleh Meutia Hatta. Dengan demikian menandakan adanya pengakuan tentang kepercayaan Adat Musi.

This post has already been read 7743 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>