10 Tips Penting Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Apa yang paling kamu nantikan setelah menghabiskan waktu sehari-hari untuk fokus bekerja? Jawabannya hanya satu pastinya, ‘LIBURAN’…

Biasanya saya memilih untuk melakukan perjalanan jauh di dalam negeri. Saya termasuk orang yang bebas dari tuntutan saat harus menentukan transportasi untuk liburan. Biasanya, saya cukup menyesuaikan dengan lama waktu cuti saja. Tapi, terkadang saat melakukan perjalanan jauh kita sering merasa khawatir. Banyak hal yang dipikirkan seperti, aman gak ya nanti diperjalanan, aman gak ya rumah yang ditinggal, aman gak ya membawa ini dan itu, dan bisa nyaman gak ya selama menempuh perjalanan jauh?

Nah, berikut ini ada 10 tips perjalanan jauh yang sangat penting, mungkin bisa kamu terapkan juga.

1. Jangan membuat status di social media tentang perjalanan jauh kamu secara spesifik. Seperti hal yang seharusnya rahasia, lihat list berikut ini:

– Nomer bangku kereta, pesawat, atau bus.

– Jam keberangkatan

– Barang berharga yang ditinggal dirumah

– Keluarga yang ditinggal dirumah

– Nama yang tercatata untuk booking hotel

– Alamat rumah ataupun alamat hotel yang akan kamu tempati

Alasannya adalah karena status seperti itu bisa mengundang rasa ngin tahu, setelah itu bisa terjadi kejahatan.

2. Pastikan semua perlengkapan sudah masuk ke dalam tas atau koper yang akan kamu bawa.

3. Pastikan semua barang bawaan kamu masuk ke bagasi sebelum memulai perjalanan jauh. Untuk gadget dan barang berharga seperti perhiasan sebaiknya dibawa yang sekiranya diperlukan saja dan tidak ditinggalkan di bagasi. Maklum, keadaan bagasi terkadang justru kurang aman.

4. Bawa barang penting yang kadang suka terlupakan tapi terkadang bisa sangat dibutuhkan, seperti:

– Senter kecil

– Jarum dan benang

– Peniti atau pin

5. Bawa obat-obatan penting yang biasa kamu gunakan. Jangan lupa untuk membawa obat yang berikut ini:

– Obat diare, bisa saja diperlukan saat kamu salah makan saat liburan

– Obat gosok, perbedaan suhu kadang bisa membuat kita masuk angin

Brand’s ® Essence of Chicken, suplemen harian terbuat dari saripati ayam agar tubuh kita selalu fit dan tidak mudah kelelahan. Saripati ayam tidak memiliki efek samping dan aman untuk dikonsumsi. Saripari ayam, Brand’s Essence of Chicken justru lebih aman bila dibandingkan dengan buatan sendiri karena kandungannya tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jika kita mengolah sendiri di rumah kurang praktis dan masih mengandung lemak.

6. Menerima makanan dan minuman dari orang lain selama perjalanan boleh saja, tapi sebaiknya tidak kamu makan atau minum. Menerima hanya untuk sekedar menghormati pemberian orang lain saja. Bila orang tersebut terkesan memaksa segera panggil teman atau orang lain. Jangan keluarkan ponsel dan berusaha untuk tidak terlihat panik.

tips perjalanan jauh

Tidak kenakan tag nama di depan umum

 7. Jangan kenakan tag nama di depan umum. Bila kamu pergi dalam situasi dunia profesional atau tugas kantor, kamu bisa lepas tag nama saat diluar waktu tugasmu. Pilihan lainnya, kamu bisa menggunakan outer untuk menutupinya.

8. Selektif dalam memilih tempat rental mobil atau motor selama di tempat liburan. Saat melakukan perjalanan jauh, kamu sudah harus menyiapkan budget yang cukup agar tidak terdesak harus mencari yang serba murah. Perhatikan keamanan dan kenyaman adalah hal yang sangat penting.

9. Saat terjebak dalam keadaan yang tidak enak, seperti ditahan oleh petugas keamanan setempat segera tanyakan alasan mereka menahan kamu, mintalah rincian peraturan yang dilanggar dan sanksi atas pelanggaran tersebut. Bila tidak terbukti dengan jelas kamu telah melakukan pelanggaran segera klarifikasi. Jangan lupa untuk meminta data petugas yang telah menahanmu.

10. Jangan diskusikan rencana perjalanan kamu dan teman-teman di depan umum. Bila perlu bertanya, cukup ajukan pertanyaan dan tidak menjelaskan rencanamu secara rinci.

Selalu selektif dalam memilih hal apapun selama melakukan perjalan jauh. Semoga tips perjalanan jauh di atas bisa bermanfaat. Kalau kamu ingin melengkapi tips lainnya, silakan komentar :)

Baca Juga:

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Hidup di Masa Depan

Foto Yang Bisa Membuat Kamu Ingin Travelling

15 Bandara Tersibuk di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Salah Satunya

This post has already been read 8849 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>