Bagi Pemula, Tips Mendaki Gunung Ini Wajib Diketahui Ya!

Mendaki Gunung

Butuhkah Tips Mendaki Gunung Saat Wisata?

Jalan-jalan atau berwisata tentunya menjadi hobi dan mungkin bahkan jadi kebutuhan bagi masyarakat kebanyakan ya, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar dan hidup dengan rutinitas kerja yang melelahkan. Tentu saja berwisata menjadi salah satu alternatif pelepas stress ya, tapi jika pilihan wisata kamu adalah Mendaki Gunung tentu saja ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

Mendaki Gunung itu bukan cuma soal trekking, summit, foto-foto saat sampai di puncak, dan tinggal turun waktu selesai. Tapi banyak hal yang didapat dari proses pendakian gunung itu sendiri, seperti misalnya kita bisa merasakan apa yang namanya perjuangan dalam mencapai sesuatu, kerjasama yang membuat rasa empati kita berkembang jika pendakian dilakuakan secara berkelompok dan masih banyak lagi.

Liburan dengan Budget Tipis? Siapa Takut!

Jadi tentu saja sangatlah penting untuk mengetahui beberapa tips Mendaki Gunung yang tentunya akan sangat membantu kamu pada saat nanti melakukan pendakian. Yuk kita simak nih beberapa tipsnya :

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Matangkan Perencanaan Pendakian

Sebelum mendaki, tentunya haruslah ada perencanaan yang matang mengenai pemilihan lokasi pendakian, rute pendakian, jumlah pendaki, kondisi cuaca lokasi pendakian, peralatan pendakian dan juga waktu yang dibutuhkan serta bekal selama pendakian. Tentunya yang terpenting adalah izin resmi dari pihak-pihak yang bersangkutan.

Siapkan Kondisi Fisik Dan Mental

Sebelum melakukan pendakian, tips Mendaki Gunung selanjutnya adalah dengan menyiapkan kondisi fisik dan mental kamu, misalnya saja dengan berolahraga rutin sebelumnya agar tubuh kamu tidak akan kaget saat melakukan pendakian nanti.

Pelajari Medan Dan Rute Yang Akan Dilalui

Menguasai medan dan rute tentunya akan menjadi point lebih yang penting untuk melakukan pendakian, kalaupun kamu belum pernah, pastikan ada satu atau dua dari kelompok kamu yang akan mendaki bersamamu.

Mendaki Gunung

Siapkan Perlengkapan Yang Efektif Dan Efisien

Perlengkapan atau keperluan yang dibawah baiknya disesuaikan dengan lokasi pendakian, rute yang akan dilewati, waktu tempuh, jumlah pendaki dan juga kondisi cuacanya. Tapi, peralatan penting yang sebaiknya ada yaitu adalah : tas khusus pendaki (carrier), sepatu trekking, jaket, jas hujan, matras, sleeping bag, baju ganti, alat penerangan seperti senter, korek api, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak mini, alat komunikasi, tempat air, dan peralatan survival dan obat-obatan.

Tips Surfing untuk Pemula

Nah untuk penempatannya, untuk posisi paling bawah, taruhlah barang-barang yang tidak akan sering kamu gunakan, dan posisi paling atas adalah untuk peralatan yang memang penting dan sering kamu gunakan agar lebih mudah untuk di jangkau.

Sebelum dimasukan k etas, bungkus dulu barang-barang dengan plastic agar terantisispasi jika kita harus basah, lalu dari segi berat, sebaiknya peralatan yang berat ditanggung diatas sedangkan dibawah yang ringan. Hal ini maksudnya supaya beban ada di pundak bukan di pinggang. Karena kalau beban di pinggang itu akan membuat kita cepat capek dan kesalahan packing ini masih sangat sering terjadi.

Pengaturan Logistik Dan Bahan Makanan

Makanan dan minuman penting loh untuk dibawa, pilih makanan yang simple dan memenuhi kebutuhan kalori dan juga cepat untuk dimasak. Jangan bawa apalagi mengkonsumsi minuman berakohol ya, memang bisa menghangatkan tubuh, tapi itu berbahaya karena bisa memicu pecahnya kapiler darah karena cepat memuai.

Mendapatkan Izin Dan Melapor Ke Pos Pendakian

Saat mau mendaki, sebaiknya melaporlah dulu ke pos pendakian dan mendapatkan izin dari pihak-pihak terkait untuk mendaki lokai yang dimaksud. Jangan lupa mengisi buku tamu dengan menyertakan lama pendakian, alamat lengkap dan juga nomor telepon keluarga yang bisa dihubungi sebagai antisipasi data jika sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Saat turun gunung, isilah kembali buku tamunya ya dan melapor di pos.

Memilih Hotel Murah Untuk Liburan Ala Backpacker

Menjaga Alam Dan Lingkungan Dengan Sebaik-baiknya

Keindahan alam yang menyambut kita saat melakukan pendakian tentunya harus kita jaga, jangan sampai setelah kita berada disitu, kondisi lingkungan disitu malah menjadi buruk. Misalnya, jangan membuang sampah sembarangan ya, lalu kalau mau membuat api unggun, matikan hingga benar-benar padam bara apinya. Jangan menebang sembarangan apalagi menangkap hewan liar yang ada disana. Untukpara pendaki gunung ada motonya : Jangan Meninggalkan Apapun Di Gunung Kecuali Tapak Kaki Dan Kenangan.

Nah itu dia tadi beberapa tips Mendaki Gunung yang harus kamu perhatikan jika kamu berencana melakukan pendakian pertamamu ya. Ingat loh, segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang, karena mendaki gunung bukan hanya sekedar bisa mendaki dan sampai di puncak pendakian, tapi keberhasilan diraih ketika kita bisa kembali pulang dengan selamat tanpa meninggalkan jejak buruk. Semoga bermanfaat ya.

Mendaki Gunung

Sumber Gambar :

This post has already been read 3899 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>