Bayi Naik Pesawat? Ini Dia Tips Amannya!

Bayi Naik Pesawat

Traveling bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan dan tidak terkecuali bila kamu memiliki bayi. Tidak perlu menjadikan hal ini sebagai beban. Membawa bayi naik pesawat bukanlah hal yang mengerikan.

Bila keadaan bayi sedang baik-baik saja tentu perjalanan akan baik-baik saja. Percayakan keamanan bayi pada diri kamu sendiri. Jadilah orangtua yang baik selama masa perjalanan, khususnya saat melalui penerbangan bersama bayi mungilmu.

3 Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

1. Tetapkan waktu penerbangan yang tepat

Sebagai orangtua, kamu pasti tau schedulle si kecil. Kapan ia tidur, makan, main dan bengong-bengong sendiri. Untuk memulai perjalanan yang baik kamu harus menetapkan waktu penerbangan yang tepat, yaitu waktu yang telah disesuaikan dengan si ade bayi.

Membawa bayi naik pesawat pada saat jam tidurnya bisa jadi waktu yang lebih baik. Bila si kecil terbangun saat penerbangan dimulai, kamu bisa menenangkan dan menidurkannya kembali sambil memberi ASI atau susu botol yang disukainya.

2. Dua atau cukup satu bangku ya?

Ada ketentuan dati The Federal Avation Administration (FAA) menyarankan bila bayi dibawah 40 pound sebaiknya menggunakan carseat. Tapi, biasanya maskapai penerbangan memiliki harga khusus untuk penumpang bayi.

Bila mengajak bayi liburan, kamu bisa memesan extra seat. Ini akan memungkin kamu membawa carseat dan pramugari akan membantu untuk meletakannya dengan benar. Jadi bayi tetap berada di posisi yang aman saat lampu sabuk pengaman menyala.

Bila bayi belum bisa duduk sendiri, lihatlah saran berikut ini:

– Gunakan sling atau gendongan bayi yang fleksibel lainnya untuk membuat tubuhmu dan bayi merasa santai dan nyaman. Saat membawa bayi naik pesawat yang paling penting adalah tubuh kamu dan bayi tidak kelelahan saat di awal perjalanan.

– Dapatkan kursi di lorong saat mengajak bayi liburan, ini bisa memudahkan kamu untuk mengganti popok, selain itu kamu juga bisa lebih mudah berdiri.

– Pilih bangku pesawat yang 3 baris bila memungkinkan, sehingga peralatan bisa diletakkan dibangku tengah dan kamu duduk di tepian jendela. Bangku yang di ujung sebaiknya ditempati oleh orang yang bisa membantumu untuk menjaga bayi selama perjalanan.

3. Jangan salah memilih popok bayi

Bayi Naik Pesawat

Bila waktu penerbangan sudah tepat tapi si kecil masih saja rewel, mungkin ia lapar, haus atau pipis terlalu sering karena AC pesawat yang kadang terlalu dingin. Bawalahpopok yang paling nyaman dengan ketebalan yang pas dan memiliki bantalan yang lembut, sehingga bayi tidak rewel dan tetap bisa merasa nyaman selama masa penerbangan.

4. Jangan lupa bawa semua kebutuhan si kecil

Buat list dengan rapih. Kamu bisa catat di smartphone mu atau buku catatan kecil. MUlai dari peralatan bayi setelah mandi, baju ganti, obat-obatan, popok dengan jumlah yang cukup, susu bayi dan mainan yang bisa menenangkannya.

Saya rasa semua sudah cukup, pastikan si kecil merasa nyaman. Bila terjadi sesuatu jangan panik karena kamu harus tenang untuk bisa membuat si kecil ikut merasa tenang. Semoga bermanfaat :)

This post has already been read 8028 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>