Cara Membeli Mutiara Berkualitas Baik


1. Lihat tekstur dan bentuk mutiara pada bagian yang paling luar. Mutiara harus bebas noda dan halus. Piliha mutiara yang mengeluarlkan warna secara alami, jadi orang yang melihatpun tidak akan menilai bahwa mutiara yang kita pakai palsu atau hanya pulasan saja.
2. Mutiara yang lebih berat seringkali memiliki kualitas yang lebih baik. Mutiara yang bulatannya besar meliki kualitas lebih baik. Namun, tidak selalu yang terbaik ketika sebagai pembeli, kita berbicara tentang keunikan bentuknya. Mutiara yang sudah di design dan ditambah unsur perhiasan lain tentunya memiliki harga yang lebih mahal.

3. Cara membedakan mutiara yang berasal dari air laut atau air payau sebagai berikut,  mutiara yang berasal dari air laut, saat kita menggosoknya akan terasa kesat, sedangkan mutiara yang berasal dari air payau akan terasa licin. Kisaran harga mutiara lautpun lebih mahal dibandingkan mutiara yang berasal dari air payau. Biasanya para pembeli lebih mengejar mutiara NTB yang berasal dari air laut karena kualitasnya yang lebih baik.

4. Saat liburan ke NTB khususnya Lombok, biasanya guide dari jasa travel yang mengantar saya mengingatkan tentang hal berikut ini, makanya ini saya anggap cukup penting saat ingin berbelanja mutiara NTB. Jangan pernah bertanya kepada penjual tentang keaslian mutiara yang ingin kamu beli, para penjual yang umumnya penduduk asli sangat mudah terganggu dengan pertanyaan ini. Jika Ingin menawar, sebaiknya jangan menawar terlalu jauh dari harga banderol. Ini juga bisa membuat penjual merasa tersinggung.

Sumber Artikel

This post has already been read 8444 times!

3 comments to Cara Membeli Mutiara Berkualitas Baik

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>