Hindari Jet Lag dengan Empat Langkah Jitu Ini!

Jet Lag

Desynchronosis atau dikenal juga dengan sebutan jet lag, adalah kondisi fisiologis dimana jam biologis pada tubuh manusia berubah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perjalanan jauh yang menyebrangi zona waktu dengan selisih yang besar menggunakan pesawat, sehingga tubuh kita tidak memiliki waktu untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi di sekitarnya. Akibatnya, jam biologis tubuhmu menjadi kacau balau. Gampangnya, kamu biasa tidur jam 8 malam. Kebetulan jam 8 malam di Indonesia adalah jam 2 siang di tempat tujuanmu. Bisa jadi kamu jadi mengantuk dan malah ingin tidur alih-alih melakukan aktivitas.

Jet Lag

Gejala paling umum dari jet lag adalah kesulitan tidur (insomnia), nyeri kepala, pusing, dan penurunan nafsu makan. Kondisi ini dapat bertahan beberapa hari hingga tubuh berhasil beradaptasi dengan kondisi di sekitarnya. Sangat dianjurkan untuk beristirahat selama sehari penuh untuk membiarkan tubuh beradaptasi dengan zona waktu yang baru.

Memang kedengarannya bukan kondisi yang berbahaya, tapi jet lag dapat menghalangi kamu melakukan aktivitas dengan maksimal dan tentu saja bakal bikin kamu nggak nyaman. Untuk menghindari ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan:

Simulasi Jam Tidur

Cobalah untuk mempercepat atau memperlambat jam tidur kamu sampai kira-kira jam tidur kamu di tempat tujuan nanti sama dengan jam tidur kamu biasa. Dengan begini, tubuh kamu tidak kaget saat sampai di tempat tujuan nanti

Sesuaikan Jadwal Selama di Pesawat

Istirahat di pesawat sebanyak mungkin. Akan lebih baik jika kamu bisa tidur di dalam pesawat saat di destinasimu malam dan tetap terjaga apabila di destinasimu siang hari. Intinya, perbanyak istirahat selagi bisa.

Atur Asupan Cairan ke Tubuh

Usahakan untuk minum air yang cukup. Kamu akan berada cukup lama di dalam pesawat; suhu dingin dan tekanan di dalam pesawat dapat membuat kamu dehidrasi kalau kamu tidak hati-hati. Hindari minuman beralkohol dan berkafein karena dua kandungan ini hanya akan mengganggu jam tidur kamu.

Kenali Sekeliling

Setiba di tempat tujuan, usahakan untuk berjalan-jalan sejenak agar tubuh kamu punya waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Jangan langsung buru-buru ingin check-in hotel dan tidur kalau masih siang hari.

Intinya, usahakan untuk selalu mendapatkan cukup istrahat serta menjaga asupan cairan dalam tubuh. Sayangi tubuhmu agar tetap sehat meskipun melakukan perjalanan jauh. Setelah itu, tinggal menikmati perjalanan kamu dan have fun di tempat tujuan.

Jet Lag

This post has already been read 4274 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>