Kurs Dollar Naik? Tak perlu Cemas Berwisata!

66. Liburan dengan Budget Tipis Siapa Takut2

Saat kurs dollar naik, semuanya ikut naik. Belum lagi kalau punya rencana untuk wisata ke luar negeri. Semuanya boleh jadi terancam batal karena harga tiket yang jadinya gila-gilaan dan budget yang bisa jadi membengkak. Tapi ada banyak kiat untuk mengakali ini! Silakan dipraktekkan satu-satu kiat berikut!

Jalan Kaki Itu Gratis!

Metode ini kalau tanpa niat akan sangat melelahkan. Tapi lama-lama akan terasa kalau dengan berjalan kaki, lebih banyak hal yang bisa anda dapatkan selama liburan jika dibandingkan dengan saat anda naik taksi atau trem.

Wiskul Boleh Tapi Jangan Kelewatan

Penyakitnya turis yang sedang berkunjung ke luar negeri adalah wisata kuliner. Untuk menekan hal ini, anda bisa mulai dengan menahan diri untuk icip-icip. Disusul dengan banyak bertanya kepada penduduk setempat soal dimana warung makan yang enak dan murah. Pssst.., di belahan dunia manapun, restoran di dekat kampus yang sering dikunjungi mahasiswa punya harga yang sangat terjangkau dengan porsi melimpah.

Hotel? No!

Akomodasi itu mengambil 30-40 persen dalam budget wisata. Bikin mindset kalau hotel adalah tempat dimana kamu numpang tidur. Tidak lebih. Mubazir kalau anda booking hotel dengan fasilitas premium. Mulailah riset tentang guesthouse, youth center atau homestay. Biasanya, tempat-tempat ini menawarkan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan hotel.

Bandara Alternatif Lebih Murah

Beda bandara, beda biaya. Misalnya, biaya penerbangan Jakarta ke Narita di Tokyo memiliki harga lebih tinggi ketimbang jika anda memilih rute Jakarta ke Haneda yang juga ada di Tokyo. Cari tahu soal bandara alternatif yang ada di negara yang anda singgahi.

Jangan Berangkat Di Musim Liburan atau Weekend

Haram hukumnya untuk berangkat di musim liburan, long weekend, atau hari Sabtu dan Minggu. Karena biasanya di saat-saat begini, harga tiket pesawat, akomodasi, dan atraksi yang ditawarkan akan melambung tinggi. Untuk itu, pilihlah hari-hari biasa untuk keberangkatan dan kepulangan anda. Misalnya jika anda merencanakan perjalanan untuk satu minggu, rencanakan dengan pola Selasa sampai Rabu minggu depannya. Tapi pastikan hari-hari ini juga bebas dari penanggalan merah.

This post has already been read 5390 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>