Panduan Lengkap Memilih Tas untuk Pelesiran

koper1

Ada banyak pilihan tas untuk travelling di luar sana, beberapa bahkan dilengkapi dengan bel, peluit, dan beragam fitur menggiurkan. Jadi saat sedang belanja tas baru untuk travelling, bagaimana Anda dapat memilih dengan tepat? Berikut panduannya!

Ukuran dan berat

Pertama, anda perlu mempersempit pilihan anda dulu dengan mempertimbangkan berat dan ukuran. Urusannya sudah pasti soal bagasi pesawat. Jika tas untuk travelling Anda sendiri sudah berat, kemungkinan besar biaya bagasi Anda akan semakin tinggi nanti. Hal yang sama berlaku untuk ukuran, jika tas Anda berukuran lebih besar dari yang diizinkan pesawat, maka bisa jadi anda akan mendapat masalah baru di bandara. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan yang berlaku.

Roda

Setelah mempertimbangkan ukuran dan berat, pikirkan tentang mobilitas. Ini mungkin tampak sepele, sekedar memilih tas dengan dua roda atau empat roda. Tetapi ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan sebelum memilih.

Tas dengan dua roda sudah lebih lama ada di pasaran dibanding tas empat roda, maka pilihan tas roda dua akan lebih banyak. Roda-rodanya hanya bisa berputar maju dan mundur, biasanya tersembunyi di dalam tas. Ini membuat roda lebih awet dan tidak memakan tempat. Desain tas roda dua umumnya memudahkan manuver bahkan di medan yang tidak rata.

Tas roda empat atau sering disebut spinners menggunakan roda yang dapat berputar 360 derajat, yang memungkinan Anda menggerakan tas ke arah manapun. Hal ini meningkatkan mobilitas dan memberi Anda pilihan: ingin menarik tas ini di belakang, mendorongnya di depan, atau membawanya di samping. Tetapi roda-roda ini memakan tempat di bawah ruang barang dan rodanya mudah rusak karena benturan. Sebaiknya selalu periksa garansi yang diberikan sebelum membeli tas jenis ini. Sebagai tambahan, jika Anda mempertimbangkan tas gendong, pastikan salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah roda.

koper2

Liburan dengan Budget Tipis? Ayok Aja!

Warna

Hindarkan diri Anda dari ketidaknyamanan dengan banyaknya orang yang menggunakan tas hitam. Begitu banyak orang yang menggunakan tas travelling berwarna hitam. Jadilah orang dengan tas dengan warna berbeda! Selain keren, tas dengan warna mencolok akan lebih mudah dikenali. Tapi ini bukan berarti anda tidak mencantumkan tanda pengenal di tas untuk travelling anda.

Konstruksi

Anggap tas untuk travelling Anda sebagai teman hidup Anda. Anda ingin hubungan ini bisa bertahan seumur hidup bukan? Maka dalam pencarian tas baru Anda, pertimbangkan bahan pembuatannya. Lagi pula, jika Anda memilih dengan bijak, tas Anda akan menjadi rekan yang setia membawa barang Anda berkeliling dari tahun ke tahun.

Permukaan tas

Sepertinya produk tas dengan sisi yang keras terus diperbaharui hampir setiap hari. Perusahaan kini menggunakan bahan yang ultra-ringan, sepertipolycarbonate dan plastik khusus, untuk membuat tas sangat ringan tetapi juga sangat kuat dan awet.

Permukaan yang keras ini menjamin barang Anda tetap aman dari benturan di pesawat. Tetapi, permukaan keras ini juga membuat tas Anda kaku dan tak dapat dikempeskan atau dilipat agar masuk dalam kabin atas pesawat. Juga saat berkemas, Anda mungkin tak bisa memaksakan pakaian terakhir agar muat masuk. Jika Anda ingin fleksibilitas, permukaan lunak pilihannya. Tas jenis ini ringan, secara umum lebih ringan dari tas dengan permukaan keras. Hal ini membuat tas-tas ini lebih mudah untuk ditekan atau dilipat agar muat masuk dalam kabin.

Baiknya cari tas yang terbuat dari ballistic nylon (atau nylon lain yang tahan lama), yang menawarkan perlindungan terbaik dari lapuk dan robek. Pastikan juga bahannya anti air dan anti noda.

(Sumber: Kompas.com oleh Jonathan Adrian)

This post has already been read 3479 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>