Rute Jalur Pendakian Ke Gunung Rinjani

yukpegi-gunung-rinjani-5

Rute Jalur Pendakian Lombok Barat

Dari Mataram kamu bisa naik bus pilih ke arah Bayan, Lombok Barat bagian Utara. Waktu perjalanan selama 2 – 3 jam. Dari bayan teruskan perjalanan dengan sepeda motor sampai dusun terakhir di kaki Gunung Rinjani.

Dari Rute Lombok Barat ini ada 2 dusun yang dapat dipakai sebagai awal mulai pendakian yaitu Senaru dan Torean.Kamu pilih saja berdasarkan lokasi terdekat dari tempat asal kamu berada.

Dari dua desa di atas bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju beberapa titik pendakian selanjutnya. Bila kamu memilih dari desa Senaru, kamu perlu waktu sekitar 13 jam, waktu yang cukup panjang ya. Jalur Senaru ini cukup ramai dan digunakan oleh penduduk setempat untuk melaksanakan upacara adat.

Jalur Torean, jalur yang paling jarang dipilih oleh para pendaki karena jarak tempuh yang lebih jauh. Beruntung bila kamu memiliki  kenalan yang siap mengantar dengan motornya. Jika kamu mendaki lewat jalur Torean, di jalur ini bisa menemukan keindahan alam 4 air terjun dari 12 Air terjun di sekitar Gunung Rinjani. Empat diantaranya adalah air terjun Penimbungan, Aik Genit, Pancor Mas, dan air terjun Panas – dingin Goa Susu. Yah, sayangnya jalur ini memang kurang di minati oleh para pendaki gunung. Mereka biasanya mengambil jalur dari Sembalun ataupun Senaru.

Rute Jalur Pendakian Lombok Timur

Bila Rute Lombok Timur menjadi pilihan kamu, maka desa Sembalun yang kamu pilih. Waktu tempuh sekitar 10 jam. Sebelum sampai di puncak Gunung Rinjani kamu harus melalui Pelawangan. Jalur ini merupakan favorit para pendaki karena jarak tempuh yang lebih singkat dan tidak terlalu curam. Tersedia jalur yang bisa dilalui dengan kendaraan.

Panorama alam yang sangat luar biasa bisa kita nikmati dari puncak Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi 3.726 meter. Sebelum tiba di puncak Gunung Rinjani, kamu bisa melihat Danau Segara Anak yang sangat indah. Rasa lelah saat pendakian sesaat hilang dengan melihat keindahan Danau Segara Anak. Lanjutkan kembali perjalanan dan kita bisa menemukan titik pemberhentian terakhir.

Sumber

This post has already been read 906 times!

One comment to Rute Jalur Pendakian Ke Gunung Rinjani

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>