Tips Snorkeling Untuk Pemula

Banyak orang bilang melakukan snorkeling itu hal yang seru. Orang yang jago snorkeling itu hebat. Sebenarnya bisa dibilang jago itu karena apa ya?

Snorkeling atau menyelam tentunya membutuhkan alat bantu seperti kaki katak, kaca mata menyelam. Baju yang digunakan juga baju untuk menyelam, minimal kita menggunakan pakaian renang. Tapi biasanya tempat snorkeling yang memang sudah dibuka untuk umum sudah menyewakan peralatan yang cukup lengkap dan bagus.

Berikut beberapa tips Snorkeling untuk pemula:

1. Wajib pemanasan terlebihdulu
Kaki keram merupakan permasalahan utama. Keluhan terbanyak kedua adalah perut keram. Kamu bisa menghindari keluhan-keluhan ini dengan cara pemanasan terlebih dahulu. Selain itu juga jangan pernah snorkeling saat perut kosong. Bukan berarti habis makan langsung snorkeling juga ya, ini bisa membuat kamu mual atau muntah.

2. Dilarang mencar!
Apa enaknya snorkeling sendiran? Tapi untuk segelintir orang terkadang suka asyik sendiri menikamati keindahan alam bawah laut kemudian mencar dengan teman-teman lainnya. Hati-hati alam bawah laut bisa berbahaya untuk pemula.

Tips Snorkeling Untuk Pemula-2
3. Peralatan yang tepat
Sebagian perairan mungkin menjadi tempat hidup komunitas ubur-ubur atau mungkin hewan laut lainnya. Gunakan peralatan dan pakaian yang tepat untuk melindungi kita saat melakukan snorkeling.

4. Jangan panik bila terjadi sesuatu
Bila kamu melihat ikan besar atau hewan laut lainnya melintas disekitaran kamu, jangan panik. Nikmati saja apa yang kamu temukan. Bila kamu tetap berkumpul dengan kawanan, hewan laut tidak akan mengganggu kamu dengan catatan kamu juga tidak mengganggu mereka. Bila kaki keram saat snorkeling juga jangan panik. Beri kode kepada guide yang menemani kamu dan minta dia untuk membawa kamu ke permukaan air. Kalau kamu ketinggalan kawanan snorkeling dan keram juga jangan panik, biasanya kamu dibekali pluit, cukup usaha kepermukaan dan bunyikan pluit sekencang-kencangnya.

Nah, supaya liburan selamat selalu berdoa. Snorkeling itu seru jadi buang rasa takut. Untuk pemula jangan malu-malu bilang ke guide kamu ya. Supaya ada pengawasan ekstra dari mereka. Kamu bisa coba snorkeling di Pulau Gili Trawangan. Selamat senorkeling ya!

Sumber

This post has already been read 12736 times!

One comment to Tips Snorkeling Untuk Pemula

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>