Tips Surfing untuk Pemula

Kita akan membahas sedikit tentang berselancar dan tips dasar yang diperlukan untuk kegiatan surfing tersebut.

Papan Selancar

Tidak mungkin melakukan surfing tanpa papan selancar atau surfboard. Papan lebar dan panjang ini dibuat untuk bisa mengapung di atas air. Surfboard memiliki sebuah pusat gravitasi alami. Saat kamu meletakan surfboard di atas air, baik dalam kolam renang atau laut akan sama hasilnya. Surfboard pasti mengambang dipermukaan.

Saat badan kamu naik ke atas papan selancar, maka papan akan sedikit lebih rendah di dalam air. Lalu, gimana ya caranya supaya tidak jatuh saat berdiri di atas surfboard?

Tips surfing dasar untuk menemukan keseimbangan adalah dengan cara berbaring di atas papan kemudian letakan dagu tepat di tanda yang ada di surfboard.

Jika ujung papan mencongkel ke dalam air, itu disebut dengan “pearling” dan kamu harus memindahkan dagu kamu untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan papan yang kamu tunggangi. Cukup geser satu inci dari tanda dan saat menngeser harus pakai feeling dan ini sangat seru sekali.

Terlalu banyak berat di belakan juga bisa membuat surfboard terbalik. Ini kesalahan yang sering terjadi untuk surfer pemula.

Mendayung Surfboard

Jangan mendayung dengan kedua tangan secara bersamaan. Kamu tidak sedang berenang dengan menggunakan gaya katak. Mendayung dengan kedua tangan secara berbarengan hanya akan membuat papan melaju semakin cepat dan dengan kecepatan itu kamu tidak akan mempertahankan keseimbangan secara konstan.

Tips surfing dasar untuk mempertahankan kecepatan secara konstan di dalam air juga sangat susah. Maka, mendayunglah dengan satu tangan secara bergantian. Ini akan membuat kecepatan kamu konstan dan tidak mudah kelelahan.

Tips Surfing untuk Duduk di Sufboard

Sekarang kita sudah tau caranya berada di atas surfboard dan caranya mendayung untuk mempertahankan kecepatan. Sekarang kita coba untuk mengetahui bagaimana caranya duduk di atas papan selancar. Pertama duduk di atas surfboard pasti papan akan goyah dan tubuh kamu serasa ingin jatuh ke air atau terasa terdorong oleh angin.

Tips surfing dasar untuk bisa duduk di atas surfboard kuncinya adalah melakukan dengan tenang dan mencoba untuk diam seketika setelah duduk di atas surfboard. Rasakan goncangan air yang ada dibawah papan tapi tetaplah diam. Semakin sedikit gerakan yang kamu buat makan akan lebih mudah menemukan keseimbangan. Surfing sebenarnya mengajarkan kamu tentang ketenangan menghadapi hantaman air dan ombak.

Berdiri di atas surfboard

tips surfing

Tetarik untuk belajar berdiri? Ini sesuatu yang sudah kita lakukan dari kecil. Berdiri menggunakan kedua kaki. Perbedaanya saat ini kita berada di atas papan yang terbentang di atas air.

Pertama naik ke atas surfboard, berbaring dengan dada, kepala mengarah kedepan, dagu menempel ke papan dan pandangan melihat kedepan. Angkat tangan ke atas papan di samping bahu, angkat badan kamu seperti melakukan push up. Dorong tubuh bagian atas kamu dan kaki letakkan di stringer, garis di tengah papan sehingga berat bisa berpusat dititik itu.

Tips surfing dasar untuk bisa berdiri di surfboard, pastikan tubuh tetap rendah, buka tangan seolah ingin direntangkan. Posisi tangan paling tinggi sebaiknya hanya setinggi bahu dan telapak tangan menghadap ke bawah. Jaga keseimbangan. jatuh beberapa kali adalah hal yang wajar, sampai akhirnya kamu bisa menikamti ayunan yang datang secara alami.

Semoga tips surfing dasar ini bisa bermanfaat ya.

Baca Juga:

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Hidup di Masa Depan

3 Tempat Wisata Alam Wajib Dikunjungi di Medan Untuk Backpacker

10 Tips Penting Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

This post has already been read 6721 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>