Vaksin Meningitis Untuk Pecinta Traveling

Sudah pasti bagi sebagian besar pecinta traveling akan menyiapkan segala hal kebutuhan perjalanan, mulai dari menentukan tujuan, akomodasi, uang saku bahkan sampai oleh-oleh. Liburan tak hanya sekedar menginap di hotel dan menikmati makanan khas daerah saja, adapula pilihan traveling yang menarik di kawasan hutan, pantai dan pedalaman suatu daerah. Biasanya pecinta traveling mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan tujuannya.

Ada hal yang tak kalah penting, yaitu perlindungan diri dari penyakit menular berupa infeksi radang selaput otak atau meningitis. Kalau kamu belum tahu, sebaiknya kamu mulai ketahui hal ini. Penyakit ini sebagian besar menimpa orang yang sehat dan tanpa ada faktor risiko yang teridentifikasi.

traveling

“Tanpa pengobatan, tingkat kematian akibat penyakit ini mencapai 70 sampai 90 persen,” kata dr. dr. Iris Rengganis, SpPd, dari Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit dalam FKUI, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Selatan.

Penyakit meningitis memiliki beberapa tipe. Tipe A, C, G, dan W135 endemis di Afika, tipe C di Amerika Selatan dan Amerika Latin. Dan yang terbaru, meningitis tipe B telah menyebar di negara Australia. Jadi bila pecinta traveling mendambakan liburan aman, penyakit ini juga perlu diperhatikan ya.

Menurutnya hingga saat ini vaksin yang tersedia hanya untuk tipe A, C, G, dan W135, sementara vaksin tipe B sedang dalam proses pembuatan. Itu karena keempat tipe meningitis tersebut tergolong berbahaya dan ganas. Sedangkan tipe B tidak berbahaya seperti tipe-tipe lainnya, namun banyak yang terjangkit.

“Waktu pemberian vaksin paling lambat 10-14 hari sebelum tiba di daerah endemis. Kemudian antibodi akan terbentuk kurang lebih dua minggu setelah penyuntikkan dengan kekebalan bertahan hingga dua tahun,” ujar Iris.

Berdasarkan data WHO tahun 2010, sebayak 400 juta orang terinfeksi bakteri meningitis dengan tingkat kematian berkisar 25 persen. Angka kejadian tersebut banyak terjadi di kawasan dengan tingkat kebersihan yang belum memadai dan padat penduduk.

Berbagai Sumber

This post has already been read 4501 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>