Backpacker Ke Machu Piccu Peru, Liburan Seru Penuh Keindahan

Machu Piccu, Peru mungkin salah satu situs arkeologi Inca terbaik yang pernah ditemukan di seluruh Amerika Selatan. Keindahan ini sangat menarik, masalahnya banyak sekali orang yang bersedia membayar paket tour yang tinggi untuk melihat situs bersejarah Machu Piccu di Peru tersebut. Banyak rombongan yang siap berangkat untuk melihat tempat ini secara langsung.

Seseorang yang mengelola paket tour sedang mencetak uang dari perjalanan yang diadakaannya. Rombongan tour diberikan pemandangan spektakuler, jadi wajar kalau merasa ingin membayar jika tabungan mencukupi.

Hitung anggaran kasar backpacker ke Machu Piccu

Pertama, inilah yang perlu dilalui untuk bisa sampai ke Michu Piccu. Mengunjungi Peru utara, biaya masuk seharga 12 Sol atau  $4 perorang. Saat itu harga yang berlaku $1 = 3.10 Soles Peru. Kemudian Machu Piccu biayanya 124 sol atau sekitar $40 untuk 3 hari.

Ada keuntungan jika bisa menunjukan ID sebagai mahasiswa internasional, biaya jadi diringankan menjadi setengahnya saja sekitar 62 Sol. Dengan begini kalau kamu masih mahasiswa, kamu bisa mengirit lebih jauh.

Gaji atau upah pekerja di Peru, khususnya di tempat seperti ini adalah 45 sol atau $14.50 perhari. Berlaku untuk pelayan restoran, tukang bersih-bersih atau keamanan. Nilai segitu bila dihitung dalam rupiah (1 dollar = Rp 11.860)  sekitar Rp.172.000 perhari. Wah lumayan juga ya yang mereka dapatkan setiap harinya, kalau mereka kerja selama 20 hari saja berarti para pekerja itu bisa dapat Rp. 3.440.000 atau sekitar $290. Bahkan sopir taxi dan bus umum yang kerjanya kurang teratur pun di sini bisa menghasilkan 30 Sol perhari. Selanjutnya hitung sendiri ya :)

Wisatawan asing sering kali diminta harga yang berbeda, tapi saya tidak berkeberatan jika memang itu untuk warga asli Peru. Sebagian uang juga dipakai untuk peremajaan arkeologi lainnya. Tapi sering kali terjadi pula, seseorang menghasilkan banyak uang tapi mereka bukan keturunan asli dari situs Inca sebagai warga asli Michu Piccu.

Backpacker ke Machu Piccu Peru

Inilah cara saya dan rombongan menemukan Michu Piccu dengan harga semurah mungkin. Pada jam 5.30 pagi kami berangkat dengan bus dari Cusco ke kota Santa Maria, perjalan sekitar 5-6 jam. Bus yang kami naiki nyaman dan biayanya 20 Sol perorang. Menuju stasiun bus bisa naik taxi dari Plaza de Armas dan bayar sekitar 6 Sol (harga ini bukan untuk perorang tapi untuk semua penumpang yang ikut). Siapkan makanan terlebih dulu karena harga makanan di Machu Piccu sangatlah mahal.

Bus menyerupai kereta, tapi harga kereta jauh lebih mahal karena setengah kepemilikannya di atur perusahaan internasional. Biaya perorang bisa mencapai $71 setiap tujuan untuk perorangnya.

Bus akan berhenti beberapa kali, biasanya tempat peristirahatan pertama yang dipilih adalah Urubamba. kemudian setelah 2 jam perjalanan berhenti di Ollantaytambo. Kedua tempat yang saya sebut ini benar-benar indah dan cantik serta banyak situs arkeologi di sekitarnya. Bisa jadi setelah melihat aslinya kamu akan mempertimbangkan untuk bermalam disini sebelum melanjutkan ke Santa Maria.

backpacker peru

Perjalanan bus sangat spektakuler karena kita bisa menikmati pemandangan dengan seksama dan tidak terburu-buru. Semua terlihat jelas dan sangat dekat. Berbeda bila kita naik kereta atau perjalanan udara. Cara ini juga lebih murah tentunya untuk bisa sampai ke Aguas Calientes.

backpacker peru

Dengarkan kondektur bus, dia akan memberitahukan ketika bus sampai di kota kecil Santa Maria, setelah itu kamu bisa turun disana. Setelah berada di Santa Maria, kita bisa naik Van untuk bisa sampai Machu Piccu dengan ikut samapi kota kecil lainnya bernama Santa Teresa. Mobil Van dengan penumpang kolektif ini harganya 10 Sol dan lama waktu perjalanan sekitar 2 ½ jam. Biasanya setelah 15 kursi penumpang terisi mereka akan langsung berangkat.

backpacker

Dengan mobil ini kita akan melewati jalan-jalan sempit, banyak tikungan dan jalanan menanjak. Mobil juga jalan benar-benar ditepi jalan dan harus bergantian bila bertatapan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

Liburan Seru

Meski demikian perjalanan tetap aman dan kita bisa tenang. Setelah sampai di Santa Teresa, kamu bisa menginap di hotel kecil jika merasa perlu istirahat sebelum menuju pabrik Hydroelectico.

Selanjutnya bicara perjalanan dari pabrik Hydroelectico ke Aguas Calientes, kamu bisa memilih 2 cara ini: jalan menelusuri rel kereta selama 2 ½ jam gratis, atau bayar $ 7 untuk naik kereta sampai Aguas Calientes. Saya berpikir untuk jalan bersama backpacker lainnya, liburan seru ini semakin bermakna. Mereka membuat saya merasa aman, dan kami jadi semakin kenal. Jalannya tidak curam, hanya saja perlu tenaga untuk berjalan dalam waktu beberapa jam.

backpacker

Setelah itu sampai di Aguas Calientes dan kalian bisa melihat perjalanan ini tidak melelahkan karena keindahan yang luar biasa. Selamat datang di Machu Piccu, Peru. Bagian dari sejarah yang bisa membuat mata susah untuk berpaling.

This post has already been read 47591 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>