Cerita Rakyat Papua : Mamle

Cerita rakyat dari Papua berkisah tentang Mamle adalah kisah cerita rakyat tentang seorang pemuda yang cerdik dan pandai serta juga baik hati dan suka menolong orang lain. Cerita Mamle akan mengajarkan kita untuk berani mempertahankan sebuah kebenaran walaupun terancam bahaya.

Saat masih kecil, Mamle adalah seorang anak yang rajin. Ia juga selalu membantu ibunya mencari kayu di hutan dan membuka ladang baru. Ketika ibunya menyiangi rumput, Mamle akan menebangi pohon dengan kapaknya. Ibunya sering kali dibuat risau melihat kelakuan Mamle yang begitu berani memanjat hingga pucuk-pucuk pohon. Tetapi Mamle selalu mencoba menenangkan hati ibunya. Ia mengatakan dirinya akan baik-baik saja.

Setelah dewasa, Mamle membangun rumah yang berfungsi untuk pesta tari. Dia mengundang banyak orang dari berbagai daerah untuk mengadakan pesta. Undangannya pun menghadirkan banyak tamu. Dua diantara paratamu yang hadir adalah wanita dari suku Sandrafe. Tidak lain keduanya merupakan saudara perempuan Mamle.

Kedua wanita ini pun ternyata memiliki hati untuk Mamle. Namun, tetua kampung melarang Mamle untuk memilih dan menikahi salah satu dari kedua wanita tersebut. Mamle tidak peduli dengan apa yang  dikatakan tetua kampung karena ia juga menyukai dua wanita yang menyukainya tersbeut. Tiba-tiba saat acara pesta usai, Mamle dipukuli oleh mereka yang hadir dalam pesta tersebut. Mamle yang merasa tidak bersalh pun lari ke hutan. Menghindari kejaran ia memanjat sebatang pohon nira dan menoreh getahnya.

Air nira yang mengalir dari pohon tersebut ia ambil hingga bambu tempat menyimpan nira menjadi penuh. Ia melakukannya pada phon nira yang lain. Ia pun menunggu para pemuda yang mengejar untuk membunuhnya dengan bambu penuh nira tersebut. Mamle lalu memberikan air tersebut untuk para pemuda itu minum. Para pemuda itu minum karena haus tanpa tahu itu apa, setlah itu mereka mabuk. Dan saat itulah digunakan sebagai kesempatan Mamle untuk melarikan diri. Para pemuda itu tidak sadar Mamle sudah tidak ada di hutan.

Cerita rakyat ini memberi pesa agar selalu berusaha cerdas dengan memanfaatkan yang ada di alam.

This post has already been read 8743 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>