Pentingnya Cerita Rakyat untuk Anak-Anak

Sebagai masyarakat Indonesia asli, pastinya kita sangat familiar sama yang namanya cerita rakyat kan? Nah, sayang sekali pada zaman yang modern ini banyak sekali anak kecil yang tidak mengenal cerita rakyat dalam masa kecilnya. Kebanyakan masa kecil mereka akan dipenuhi dengan cerita kartun dan anime yang terbaru atau tayangan animasi yang sering ada di televisi. Bagaimana dengan nasib cerita rakyat yang sangat dibanggakan sebagai kekayaan bangsa indonesia? Apakah akan kandas ditelan zaman dan tidak lagi diperbincangkan di masa mendatang?

Cerita Rakyat Masa Kini

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika kita mendengar tentang kisah rakyat, apa yang ada di pikiran kita? Jadul dan dulu banget. Padahal, dalam beberapa cerita rakyat terdapat sarat makna dan pelajaran yang dapat kita ambil. Misalnya dalam kisah sangkuriang, kita akan diajarkan tentang bagaimana menghormati orangtua dan tidak menjadi durhaka, begitu juga dalam kisah Malin Kundang yang dikutuki menjadi batu oleh ibunya sendiri yang diacuhkannya. Nasib cerita rakyat saat ini sangat disayangkan, karena tidak semua orang tua yang dulunya mendapatkan cerita rakyat dari orangtuanya. Banyak orang tua yang menganggap bahwa cerita rakyat adalah kuno dan tidak relevan jika dibacakan pada anak zaman sekarang, padahal, cerita rakyat akan selalu masuk akal danrelevan dengan kehidupan kita yang sekarang.

cerita rakyat tangkuban perahu

cerita rakyat tangkuban perahu – ghiboo.com

Modifikasi Cerita Rakyat

Kamu pasti pernah mendengar tentang cerita rakyat yang dibawa dalam opera anak atau kolosal, bukan? Jika kamu suka tentang beberapa cerita rakyat dan ingin mendapatkan versi yang lebih menarik, kamu bisa mencari beberapa tayangan tentang dalam drama teater atau klasik yang diselenggarakan di berbagai pementasan. Biasanya cerita rakyat yang diangkat dalam opera atau drama teater anak atau dewasa akan tetap membawa makna dari cerita rakyat namun dalam kemasan yang lebih menarik. Alur cerita sama namun lebih pda visual, perwujutan nyata dari masing-masing karakter tang terdapat pada cerita rakyat yang kamu suka. Misalnya dalam drama bawang merah dan bawang putih yang pernah dibawakan oleh anak negeri.

This post has already been read 5991 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>