Ragam Kuliner Khas Sumatera Barat

Ragam Kuliner Khas Sumatera Barat

Hampir semua masyarakat Indonesia mengenali masakan atau Kuliner Khas Sumatera Barat yaitu biasa dikenal dengan masakan Padang. Pasti anda sudah pernah merasakan salah satu dari jenis masakannya bukan? Ya, benar sekali, Kuliner Khas Sumatera Barat dikenal sebagai kuliner yang memiliki rasa yang kuat dan bersantan.

Di Sumatera Barat sendiri daerahnya terbagi menjadi dua bagian yaitu daerah pesisir atau pinggir pantai dan daerah dataran tinggi atau pegunungan. Masakannya sebenarnya sama-sama lezat, hanya berbeda sedikit di jumlah atau takaran bumbu yang digunakan. Soal rasa, Kuliner Khas Sumatera Barat ini tidak usah diragukan lagi.

Untuk daerah pesisir, masakan yang biasa dibuat adalah gulai ikan, biasanya kepala ikan kakap yang digunakan dan rasanya tidak begitu pedas. Sedangkan di daerah dare atau pegunungan biasanya dibuat lebih pedas karena selain daerahnya yang memang kaya rempah, cuaca yang dingin juga menjadi faktor mengapa Kuliner Khas Sumatera Barat di daerah dare lebih pedas dibandingkan daerah pesisir.

Kuliner Sumbar

Untuk sate padang yang berada di daerah pesisir biasanya memiliki kuah yang berwarna merah, untuk daerah pegunungan, kuah yang digunakan biasanya berwarna kuning. Selain itu, Kuliner Khas Sumatera Barat yang bernama rendang juga sudah menjadi salah satu jenis masakan dalam negeri yang sudah mendunia. Biasanya rendang ini dibuat dengan santan kelapa dan bahan utamanya yaitu daging sapi, tapi jika anda tidak begitu suka dengan daging sapi, rendang juga bisa anda sajikan dengan bahan utama seperti telur, paru, ayam, dan hati.

Kenapa rendang bisa dibuat dengan bahan utama apa saja selain daging? Karena sebenarnya yang menjadi ciri khas dari masakan rendang adalah pada bumbunya, bukan dagingnya. Karena di Negara kita ini sebenarnya masih banyak bumbu-bumbu yang belum kita kenali semuanya, ternyata masakan rendang ini juga ada jenisnya.

Jenis masakan rendang yang belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah rendang daun kayu. Bumbu utama yang menjadi bahan dalam masakan rendang daun kayu ini adalah pucuk daun surian yang dapat diambil dari pohonnya langsung bagi yang memiliki pohon tersebut. Pohon ini selain pucuknya yang bisa digunakan sebagai bumbu utama masakan, kayunya pun biasa orang gunakan untuk membangun rumah.

Selain rendang sebenarnya masih banyak Kuliner Khas Sumatera Barat yang bisa kita jumpai dan nikmati, masih ada jenis-jenis kue nya, pisang bakarnya, keripik singkong pedas yang terkenal dan lain-lain. Jika anda penasaran dengan rasa masing-masing kulinernya, anda bisa langsung mendatangi rumah makan padang yang saat ni dapat kita jumpai dimana-mana. Lalu anda pun dapat menerka kira-kira masakan yang anda cicipi tersebut masakan daerah pegunungan atau pesisir setelah membaca ciri khas nya masing-masing tadi.

Kuliner Sumbar2

This post has already been read 5809 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>